Jumat, 06 Maret 2015

Artikel Bisnis Design Grafis

Tugas Akhir Lingkungan Bisnis Semester Genap 2014/2015
Di
susun oleh
Imaniar Satria Dewa
14.01.3462
D3-TI03





Bisnis desain grafis bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat menjanjikan saat ini, di samping dapat dijalani tanpa mengeluarkan modal hingga ratusan juta untuk memulai usaha, bisnis ini pun dapat dijadikan pekerjaan sampingan Anda tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang Anda sedang jalani. Makin maraknya bisnis desain grafis berbanding lurus dengan jumlah minat lulusan sekolah menengah untuk melanjutkan studinya di bidang desain grafis, bukan hanya itu saja, kini lembaga-lembaga pelatihan singkat desain grafis pun telah menjamur seiring dengan perkembangan. Bisnis desain grafis pun sebenarnya sering kita temui dalam keseharian hidup kita tanpa kita sadari, dari mulai bisnis percetakan, jasa pembuatan undangan pernikahan sampai pembuatan stempel di pinggir jalan.

Akan tetapi, banyaknya lulusan mahasiswa desain grafis membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bergelut dibidang desain grafis menjadi sangat kompetitif dan banyak yang memberanikan diri untuk membuka perusahaan desain grafis secara independen. Dimulai dari menjadi freelance saat masih kuliah dan mendapatkan pesanan membuatkan sebuah desain untuk teman, bisnis ini dapat berkembang hingga beromset ratusan juta rupiah.
Kamu menjadi salah satu orang yang ingin bisnis desain grafis? Sebelumnya, simak sedikit hal yang harus disiapkan di bawah ini.

1. Kamu tentu harus memiliki kemampuan yang memadai tentang dunia desain grafis. Di mana memiliki latar belakang jurusan desain akan menjadi point plus bagi kamu.

2. Menguasai software atau program-program komputer yang mendukung proses kerjanya dalam memvisualisasikan suatu produk.

3. Mengetahui visi dan misi suatu perusahaan yang menjadi kliennya. Mengapa? Hal ini ditujukan agar kamu bisa memvisualisasikan apa yang diinginkan oleh klien. Kamu jadi tahu apa solusi yang dibutuhkan klien untuk memajukan usaha mereka.

4. Dan jangan lupa untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif, serta menerima perkembangan zaman.
Sebagai desainer, sebenarnya banyak sekali pilihan pekerjaan  saat kamu lulus dari jurusan desain garfis. Terdapat banyak bisnis andai saja kamu peka dan memiliki skill yang mumpuni, seperti di sini. Sudah dilihat? Nah, jika kamu sudah tahu bisnis apa saja yang bisa kamu perloreh maka jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan, meluaskan jaringan pertemanan, dan juga mengikuti kursus desain sehingga saat kamu terjun ke dalam bisnis desain grafis, tentu kamu sudah menjadi sosok yang matang dalam bisnismu.


Beberapa contoh bisnis desain grafis



Digital Printing. Perusahaan Percetakan digital menggunakan alat utamanya adalah mesin yang menyerupai foto kopi dan juga menyerupai mesin cetak offset. Sebelum gambar atau text di cetak pekerjaan awalnya adalah merancang desain yang di lakukan oleh desainer grafis.

Percetakan. Tak jauh beda dengan Digital Printing, perusahaan percetakan mengunakan mesin cetak offset sebagai alat utamanya memperoleh penghasilan. Semua pekerjaan cetak diawali dengan merancang gambar atau text yang di lakukan oleh seorang desainer grafis.

Sablon. Ini adalah pekerjaan yang mirip dengan cetak offset. Bila percetakan offset mamakai mesin cetak, maka sablon cukup dengan alat sederhana untuk mencetak gambar dan text. Dia juga mengawali pekerjaanya dengan menggunakan jasa desainer grafsi.
Letter. Jenis pekerjaan ini adalah membuat text atau gambar yang di tuangkan dalam bentuk spanduk lukis, tulisan dari seng, tulisan dari mika dan sebagainya. Kalau dulu insting seni sangat dominan disamping juga dengan mengukur dengan seksama pada area yang akan di jadikan obyek garapaanya. Sekarang dengan adanya desain grafis, pekerjaan seni dan pengukuran yang njlimet hanya bisa dikerjakan dengan hitungan menit.
Advertising. Menurut saya pengertian Advertising pada umumnya adalah perusahaan periklanan yang dominan melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan karakter obyek atau lokasi yang besar. Contohnya Baliho, Spanduk yang jumlahnya ratusan plus layanan pemasangan, Branding mobil, Branding Stand dll. Pekerjaan Branding adalah memberi gambar / lukisan atau corak beserta textnya di badan mobil (branding mobil), tembok toko (branding stand) dan lain-lain. Semuanya diawali dengan perhitungan ukuran lokasi dan pengaturan keindahan gambar dan tulisan baik bentuk, warna dan tata letaknya dilakukan oleh seorang desainer grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar